Hasil Survei VTS Gasal TA 2020-2021

Laporan Survei Pemahaman VTS Program Studi Pendidikan Biologi
Semester Gasal 2020-2021



Survei pemahaman visi misi dilaksanakan untuk mengukur tingkat pemahaman pemangku kepentingan (stake holder) dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa terhadap VTS PBIO. Selain itu, survei bertujuan untuk mengukur efektifitas setiap aspek pemahaman. Satuan Penjaminan Mutu menyelenggarakan survei pemahaman VTS dengan tujuan :


1. Mengukur sejauh mana pemahaman VTS PBIO oleh seluruh stakeholder (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan)
2. Mengukur pemahaman stakeholder terhadap setiap aspek VTS.
3. Mengukur efektifitas sosialisasi VTS PBIO pada setiap pemangku kepentingan.
4. Sebagai bahan penetapan rencana tindak lanjut usaha sosialisasi VTS
5. Sebagai umpan balik upaya sosialisasi VTS PBIO


Status Responden
Jumlah responden sebanyak 103 terdiri dari: 2 pimpinan dari 2 pimpinan, 7 dosen dari 7 dosen, 2 tenaga kependidikan (TKP) dari 2 TKP dan 92 mahasiswa dari 109 mahasiswa. Sebaran kelompok responden digambarkan pada grafik berikut.


Berdasarkan Grafik pada Gambar 1, secara keseluruhan (100%) responden dari pimpinan, dosen dan TKP telah berpartisipasi dalam survei pemahaman VTS PS. Sedangkan, tingkat partisipasi mahasiswa mencapai 84.4%. Pada umumnya, responden sudah mengenal program studi antara 1 – 5 tahun (67,12%).

Sumber Informasi Sosialisasi Visi Keilmuan, Tujuan, dan Strategi

Berdasarkan Grafik pada Gambar diatas, Kebanyakan responden mengetahui VTS PS dari website kampus/program studi , yaitu sekitar 71,4%, selebihnya responden memperoleh informasi dari dari metode dan medial publikasi lain.

Kendala memperoleh informasi
Kebanyakan responden (84,2%) tidak ada kesulitan menemukan VTS PS, hanya 15,8% merasa kesulitan menmukan VTS PS.


Analisis Tingkat Pemahaman VMTS
Hasil survey berupa data kuesioner diolah secara deskriptif untuk memperoleh tingkat pemahaman VTS PS PBIO oleh setiap kelompok responden yaitu: dosen. Mahasiswa, dan tenaga kependidikan.
1. Berikut adalah Rumusan Visi Keilmuan (scientific vision) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang sekarang berlaku:
“Pendidikan Biologi dengan keunggulan dalam menerapkan transformative learning berbasis kajian keanekaragaman hayati lokal dan penguatan moralitas, intelektualitas, dan jiwa entepreneur”.


Berdasarkan hasil survei responden menjawab betul sebanyak 98,7%. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham rumusan VTS Program Studi Pendidikan Biologi.

2. Apakah "Tranformative Learning ” pada Visi Keilmuan merupakan salah satu keunggulan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi?

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 98,7% responden menjawab betul. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa Program Studi Pendidikan Biologi memiliki keunggulan yang dituangkan pada rumusan VTS.

3.Penguatan moralitas, intelektualitas, dan jiwa entrepreneur pada Visi Program Studi S-1 Pendidikan Biologi merupakan keunggulan menghadapi tantangan Abad ke-21.
Berdasarkan hasil survei, sebanyak 94,8% responden menjawab betul. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa Program Studi Pendidikan Biologi sudah memiliki pandangan jauh ke depan dalam mempersiapkan lulusan dengan keunggulan yang dituangkan pada rumusan VTS.
4. Terdapat 3 butir Rumusan Tujuan Pencapaian Visi Keilmuan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi.


Berdasarkan hasil survei, sebanyak 96,1% responden menjawab betul. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa Program Studi Pendidikan Biologi menetapkan 3 tujuan sebagai penjabaran dari VTS, yaitu:

1Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Biologi yang mampu menerapkan transformative learning berbasis kajian keanekaragaman hayati lokal dan memiliki moralitas, intelektualitas, dan jiwa entepreneur.
2. Menghasilkan karya penelitian dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan penerapan biologi berlandaskan moralitas, intelektualitas,dan berjiwa entrepreneur.
3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kibijakan, proses, dan produk yang dapat diterapkan dalam memecahkan masalah pada bidang pendidikan dan bidang lain dengan menunjukkan moralitas, intelektualitas, dan jiwa entepreneur.


5. Contoh implementasi Visi Keilmuan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi dituangkan dalam salah satu strategi, yaitu “penerapan kurikulum berbasis SN-Dikti, KKNI, dan MBKM”



Berdasarkan hasil survei, sebanyak 100% responden menjawab betul. Artinya, seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa salah satu implementasi VTS Program Studi Pendidikan Biologi adalah “penerapan kurikulum berbasis SN-Dikti, KKNI, dan MBKM”.


6. Apakah “Pengintegrasian nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada proses pembelajaran semua mata kuliah dan kegiatan kemahasiswaan” merupakan strategi dalam menguatkan visi “moralitas, intelektualitas, dan jiwa entepreneur Islami”.


Berdasarkan hasil survei, sebanyak 100% responden menjawab betul. Artinya, seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa salah satu strategi pencapaian tujuan Program Studi Pendidikan Biologi adalah “Pengintegrasian nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada proses pembelajaran semua mata kuliah dan kegiatan kemahasiswaan” merupakan strategi dalam menguatkan visi “moralitas, intelektualitas, dan jiwa entepreneur Islami”.

7. Apakah Penyelenggaraan joint research antar dosen, mahasiswa, dan institusi penelitian, dalam dan luar negeri relevan dengan salah satu tujuan program studi?


Berdasarkan hasil survei, sebanyak 98,7% responden menjawab betul. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa joint research antar dosen, mahasiswa, dan institusi penelitian, dalam dan luar negeri relevan dengan salah satu tujuan program studi.


8. Rumusan Visi Keilmuan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi merupakan rumusan yang realistik.


Berdasarkan hasil survei, sebanyak 98,1% responden menjawab betul. Artinya, hampir seluruh responden (pimpinan, dosen dan TKP) mengetahui atau paham bahwa rumusan VTS realistik berdasarkan dukungan sumber daya yang dimiliki program studi, di antaranya: sumber daya manusia (Dosen dan TKP), sumber daya finansial, sumber daya fisik (saran dan prasarana), dan sumber daya kerja sama.

9. Apakah “Keanekaragaman Hayati Lokal” termasuk isi dari rumusan Visi Keilmuan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi?


10. Tujuan Program Studi S-1 Pendidikan Biologi belum mencakup aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan jawaban responden dari seluruh butir pertanyaan survei dapat dirangkum tingkat pemahaman sivitas akademika Program Studi Pendidikan Biologi sebagaimana disajikan dalam bentuk Grafik di bawah ini.

Berdasarkan grafik tingkat pemahaman pada Gambar 1, semua sivitas akademika PS Pend Biologi rata-rata sudah memahami VTS PS yang ditunjukkan dengan persentase tingkat pemahaman pimpinan, dosen dan TKP sebesar 100%. Sedangkan tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 99,38%. Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman VTS PS civitas akademika PS Pend Biologi UMSurabaya Sangat Paham dengan Rata-rata 97,12%.